Selasa, 12 Maret 2013

Mahasiswa Ideal??

Mahasiswa ideal menurut saya???

    Selama ini mahasiswa dianggap sebagai kelas khusus didalam masyarakat. Selain itu karena jumlahnya yang sangat sedikit (tidak sampai 5 persen dari total pendudukIndonesia), serta jenjang pendidikan mahasiswa juga lebih tinggi dari kelompok masyarakat lain.  Mahasiswa dianggap memiliki pengetahuan dan kemampuan lebih dibandingkan dengan lulusam SMA atau sederajat. Karena itu, berbagai harapan ditumpukan masyarakat kepada mahasiswa.

    Berbicara tentang apakah itu tentang mahasiswa ideal, tentunya tidak akan terlepas dari sosok atau profil dan kriteria yang dimiliki. Seorang mahasiswa yang ideal, adalah mereka yang mampu mengintegrasikan pendidikan yang dipelajari dengan realita hidup masyarakat dimana tempat mereka dibesarkan. Dalam artian, mereka mampu mengerti permasalahan yang sedang terjadi dalam masyarakat dan dengan kemampuan yang dimiliki, bisa melakukan perubahan dan berjuang bersama masyarakat.
Dalam setiap gerak langkahnya, mereka senantiasa mendasarkan perjuangan pada keyakinan agama yang dimiliki, sehingga segala sesuatu yang dilakukan memiliki dasar atau landasan, baik secara keagamaan, secara intelektual, dan ditujukan untuk kemanusiaan.

    Kriteria mahasiswa ideal yaitu

    1. Mengenali Diri Sendiri
       Mengenali diri sendiri yaitu mahasiswa harus tahu tentang apa saja kelebihan kekurangan yang ada didalam dirinya sendiri. Jika seorang mahsiswa tidak tahu akan aspek ini, maka bagaimana dia bisa mengerti akan realita yang sedang terjadi dimasyarakat. Dan ketika dihadapkan dengan masalah yang ada, dia akan mengalami kesulitan untuk menyelesaikannya dikarenakan dia tidak mengerti apa yang harus dilakukan sesuai dengan kemampuan diri yang dimiliki.

    2. Berjiwa Sosial Tinggi
       Mahasiswa harus peka dan  lebih berfikir kritis akan dinamika yang sedang terjadi sekarang ini baik didalam lingkungan kampus maupun diluar lingkungan kampus.

    3. Pandai Mengatur Waktu
       Mahasiwa, kegiatan utama mahasiswa yaitu adalah belajar sehingga belajar harus dijadikan prioritas utama diantara kegiatan yang lain, namun juga tak menghilangkan kegiatan lain tersebut. Oleh karena itu seorang mahasiswa harus pintar membagi waktunya antara belajar dengan kegiatan yang lainnya agar terjadi keharmonisan waktu.

    4. Pintar, Aktif, Rajin dan Bertanggung Jawab
       Pintar dalam hal ini tidak hanya dalam bidang akademis saja, melainkan bisa diartikan dalam berbagai konteks seperti berbaur dengan lingkungan masyarakat sekitar, aktif dalam mengikuti kegiatan-kegiatan  berorganisasi yang positif dan bermanfaat guna menembah pengalaman srta menambah relasi hubungan pertemanan. rajin disini yaitu rajin belajar guna menambah pengetahuan diri. Dan yang terakhir yaitu tanggung jawab dimana mahasiswa harus dapat mempertanggung jawabkan semua hal yang dilakukannya.  Semua aspek tersebut harus wajib di miliki seseorang mahasiswa agar menjadi mahasiswa yang ideal dan    berkwalitas.



Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-q =))