Selasa, 22 Maret 2011

Perbedaan Wi-Fi dan wiMax

Beberapa Perbedaan Antara Wifi Dengan Wimax

WiMAX dikenal dengan 802.16 wireless MAN (Metro Area Network) dimana teknologi dimaksud mampu melayani pelanggan (user) sampai jarak 50 km dari Base Station. Sedangkan WiFi lebih dikenal dengan 802.11 wireless LAN dimana jangkauan dari AP (Access Point) ke pelanggan (user) sekitar 100 m. Dengan kondisi dimaksud maka WiMAX sangat cocok untuk melayani area outdoor sedangkan WiFi leboh cocok untuk di lokasi indoor. Gambar berikut mendeskripsikan posisi WiMAX (MAN) dan WiFi (LAN)
.
  • Standar dan Radio Interface
Standar WiFi lebih dikenal dengan standar 802.11 sedangkan WiMAX mengacu ke 802.16. Pada WiFi lebih dikenal 3 standar yang popular yaitu 802.11b (paling popular dengan kecepatan data sampai 11 Mbit/sec), 802.11a (54 Mbit/sec dengan jarak lebih kecil dibanding 802.11b) dan 802.11g (kecepatan 54Mbit/sec).
Untuk WiMAX dikembangkan mulai dari standar 802.16 kemudian berevolusi ke standar 802.16a (direvisi menjadi 802.16d) kemudian yang terakhir adalah 802.16e. Standar WiMAX 802.16d dikembangkan untuk melayani pelanggan fixed sedangkan 802.16e untuk melayani pelanggan mobile.
  • Komponen
Secara umum komponen WiMAX dibagi menjadi 3 bagian yaitu subscriber station, base station dan transport site. Untuk subscriber station terletak di lingkungan pelanggan (bisa fixed atau mobile/portable). Sedangkan base station biasanya satu lokasi dengan jaringan operator (jaringan IP/internet atau jaringan TDM/PSTN). Untuk memperjelas perhatikanlah gambar 2 yang merupakan konfigurasi generik dari WiMAX.
Sedangkan untuk WiFi, secara umum terdiri dari AP (Access Point) dan Wireless Client yang bisa terintegrasi dengan device pengguna atau external card. AP dapat disambungkan ke jaringan LAN eksisting. 
  • Market
Bila dilihat dari segmen pasarnya, maka terdapat perbedaan antara WiMAX dan WiFi. Sesuai dengan kemampuannya maka WiMAX dapat dimanfaatkan untuk keperluan Backhaul (backbone), broadband access maupun personal broadband. Sedangkan WiFi lebih diarahkan ke aplikasi untuk solusi LAN (Local Area Network) di dalam ruangan. Dengan demikian WiMAX lebih pas diimplementasikan untuk solusi WAN (Wide Area Network) dan di luar ruangan.
Namun demikian antara WiFi dan WiMAX dapat dilakukan konvergensi dimana keduanya saling mendukung untuk melayani pasar tertentu. Gambar berikut mendeskripsikan dimana dalam satu area terdapat dua jaringan sekaligus (WiMAX dan WiFi). 
  • Coverage Area
Apabila WiFi hanya dapat melingkupi coverage area beberapa meter saja, yang hanya dapat mencukupi akses internet hanya pada satu gedung saja. Lain halnya dengan wimax, yang memiliki cakupan coverage area lebih luas, yaitu sekitar 50 km.
  • Standar yang digunakan

WiFi menggunakan standar IEEE 802.11 dan ETSI HiperLAN sedangkan WiMAX menggunakan  standar IEEE 802.16 dan ETSI HiperMAN. 
  • Fitur
WiMAX memiliki lebih banyak fitur dibandingkan dengan WiFi, sehingga sebuah BTS dapat melayani lebih banyak user akses internet.
  • Frekuensi
WiFi menggunakan frekuensi 5,8Ghz, sedangkan WiMAX selain menggunakan frekuensi 5,8Ghz, juga menggunakan frekuensi 2,5Ghz dan 3,5Ghz. 
  • LoS(Line of Sight)
Standar WiMAX memberi koneksi tanpa memerlukan LoS, sedangkan WiFi tidak. 

Sumber:
http://www.scribd.com


Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-q =))